Thursday, August 13, 2015

Headset Mic Logitech H111


Logitech, brand ini terkenal dengan berbagai produk aksesoris komputernya, diantaranya keyboard, mouse, headset, dan sebagainya. Bagi anda pengguna komputer dan laptop pasti sudah tidak asing dengan brand ini. 


Nah, kali ini saya akan mereview sebuah produk dari Logitech, headset H111. Headset mic dengan fitur noise-cancelling mic yang bisa me-reduce suara-suara disekitar kita. Fitur mic inilah yang saya cari, disamping sound stereonya. Selain itu, Logitech H111 menggunakan simple plug and play connection. Satu colokan dengan fungsi ganda, untuk headset sekaligus mic. Jadi tidak perlu repot dengan dua colokan terpisah. Apalagi saya masih menggunakan Netbook Asus Eee PC 1015PX yang hanya tersedia satu port audio. Tidak perlu repot ketika hendak mendengarkan musik maupun teleconference.
 
Logitech H111
Pertama, saya menggunakannya untuk mendengarkan playlist. Suaranya sangat stereo. Jika biasanya menggunakan headset bawaan ponsel saya set volume 50%, H111 hanya perlu 20% volume untuk menghasilkan tingkat suara yang setara. 

Kemudian saya mencobanya untuk merekam suara. Hasilnya lumayan jernih. Noise dari netbook saya hampir tidak terdengar. Suara-suara dari sekitar juga teredam. Padahal ketika dulu menggunakan Genius, entah tipe apa, noise nya keras sekali. Terdengar seperti iringan musik. Saya bilangnya kemrosok. Bahkan suara kicauan burung dan kokok ayam dikejauhan pun masuk. Sangat tidak nyaman didengar. 

Oya, headset Logitech H111 ini headbandnya reversible. Jadi bisa dipake bolak balik, kanan untuk kiri, kiri untuk kanan. Bebas. Karena mic nya dapat diputar 180o.
Selain itu, Logitech H111 ini memiliki kabel yang lumayan panjang yaitu 1.8 m, sehingga saya bisa bebas bergerak, berjalan menjangkau barang-barang yang agak jauh tanpa melepas headset.

Kemudian untuk harga, sangat terjangkau. Hanya Rp 95 ribu saja. Saya membelinya di EL’S Jogja. Ketika saya cek di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, dsb, harganya sekitar Rp 120 ribuan. Murah sekali jika dibandingkan dengan headset gaming yang harganya mencapai jutaan rupiah. Sementara ini, Logitech H111 sudah cukup untuk keperluan saya, dan saya cukup puas dengan performanya.

Sebenarnya ada tiga headset Logitech yang memiliki fitur yang hampir sama. Logitech H110, H111, dan H150. H110 dan H111 memiliki bentuk dan spesifikasi teknis yang sama persis. Perbedaannya, H110 hanya dapat digunakan pada Windows, tidak support pada perangkat Mac. Sedangkan H111 sudah dapat digunakan pada berbagai perangkat dan sistem operasi, seperti Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan seterusnya, Mac OS X 10 atau yang terkini. Dapat digunakan pada Chrome OS, Linux Kernel 2.6+, iOS (iPhone, iPad dan iPod), dan Android.
 
Logitech H110


Kemudian, H150 memiliki spesifikasi teknis yang sama dengan H111, hanya saja tampilan fisiknya berbeda. H150 juga memiliki fitur pengaturan volume dan tersedia dalam tiga warna berbeda, yaitu putih, biru dan pink.
Logitech H150

Semoga bermanfaat.

2 comments: