Monday, September 23, 2013

When I Feel..


Kondisi keimanan seseorang terkadang berubah-ubah, kadang naik, kadang juga turun. Kala sedang naik semua amalan baik terasa sangat ringan. Seringan makan keripik. Seringan minum lemon tea. Rasanya ringan aja gitu.. Mau kemana aja ayuk. Sholat tepat waktu ayuk, ngaji banyak-banyak ayuk, kajian sejauh apapun tempatnya dijabanin. Senyum pun nangkring dimana-mana.

Kala iman sedang naik, prasangka selalu positif. Pada siapapun, dan apapun perlakuannya pada kita. Selalu bersemangat, siap menolong siapa saja, dimana saja *kek ninja Hatori ya?

Beda banget sama kondisi kita saat iman sedang turun. Mau ngapain aja maleeeeezzzznyaaa nggelayut terus. Mau bangun males. Mau ngaji males. Apalagi kajian. Apalagi jauh. Apalagi nyuci. Apalagi baca buku. Pokoknya males deh. Senyum aja males. Kecuali makan, tidur, makan, tidur, nonton tivi, makan, tidur, makan, tidur, nonton tivi..... *nguras laut aja deh sono :D

Ini bener lho ya, ini bukan fiktif belaka. Ini nyata. Iman yg sedang turun berpengaruh juga sama perasaan kita pada orang lain, sama cara kita menanggapi perlakuan atau ucapan orang lain ke kita. Pas iman lagi naik (baca : plus), misal ada temen yang omongannya agak menyinggung, kita masih bisa ngontrol, masih bisa maklum. Oh mungkin dia lagi PMS, oh mungkin dia lagi capek, oh mungkin dia lagi banyak masalah jadi ga sengaja melampiaskannya ke orang disekitarnya, gapapa dia kan emang gitu orangnya, dan banyaaaaaaaak banget pemakluman-pemakluman lainnya.

Tapi beda cerita kalo iman kita lagi turun (baca : minus), rasanya ga ada yang peduli sama kita. Rasanya seluruh dunia tuh ga ada yang ngertiin kita. Rasanya kita tuh orang yang paling dipersalahkan dalam semua hal. Jadi tersinggungan banget. Dibilang gini manyun, dibilang gitu mewek. Ditegor manyun. Serba negatif aja bawaannya. Dan biasanya kita jadi sebel sama temen ini, temen itu. Temen-temen pernah ngalamin yang kek gini ga?

Kalo udah begini, saya harus menyendiri di gua Hira. Ngurung diri di kamar kek, pergi kemana kek, yang penting sendiri. Abisin deh tu sebel sama benda mati. Mohon ampun sama Allah. Merenungi apa yang udah kejadian, tadi tuh sebenernya temen yang salah apa saya yang salah ya? Pernah ga yah saya memperlakukan temen saya kek tadi itu? Gimana ya perasaannya? Apa saya emang lagi ga enak hati? Apa sebenernya tadi itu biasa aja? Apa harusnya tadi saya ga boleh gitu ya?

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang harus ditujukan ke diri kita sebagai bahan klarifikasi buat diri sendiri. Boleh dibilang mengadili diri sendiri. Berusaha bersikap netral. Tidak subjektif ke diri sendiri. Karena bisa jadi kita lah yang salah. Tapi karena ga mau dibilang salah, kita seolah menutup mata terhadap kesalahan sendiri. Atau bisa jadi temen yang salah. Atau bisa jadi itu hal yang biasa buat kita pas lagi plus, tapi jadi persoalan besar pas kita lagi minus.

Apalagi pas kita lagi sedih dan harus menghibur temen yang juga lagi sedih. Ini tantangan luar biasa. Kalo kita egois, bisa aja kita bilang “Emang cuma elo yang bisa sedih? Gue juga bisa. Gue juga punya perasaan. Gue juga bisa sedih.”

Tapi apapun kondisi kita, kita harus selalu berusaha untuk menampilkan perangai terbaik yang bisa kita tunjukkan ke saudara-saudara kita *perangai maksimal. Saya juga sedang berusaha. Susaaaaahh bangeeet ternyata.. :(


Mohon maaf buat semua saudariku yang pernah kusakiti. Yang pernah kucueki. Yang pernah sedih, marah, dongkol, nangis, karena saya. Maaf.. Semoga Allah menguatkan ukhuwah kita. Aamiin..

1 comment: