Tuesday, June 18, 2013

My First Conference

Alhamdulillah Ya Allah..
Hari Sabtu 15 Juni 2013, di Lotus Ballroom Hotel Grand Aston Yogyakarta. I'll never forget. Rasanya luar biasa berada ditengah-tengah para researcher hebat. Ini pertama kalinya saya ikut konferensi ilmiah. Luar biasa bersyukur. Luar biasa senang. Luar biasa laper *belom sarapan. Ternyata acara besar pun ada acara telatnya segala. Maklum si soalnya yg dateng dari seluruh Indonesia.


Berawal dari Skripsi, yang selalu kuharapkan bisa jadi persembahan terakhir sekaligus terbaik untuk masa kuliahku. Allah mengabulkannya. Skripsi tentang Sistem Deteksi Plagiat, yang kudapatkan judul dan konsepnya selama 1 semester *gubrakz. Nekat walopun ga tau musti ngapain. Nekat walopun ga bisa coding *nekat dan songong sama ilmu selalu diperlukan biar bisa menang pas belajar. Yang kutahu ini akan bermanfaat. Just it.

Alhamdulillah Allah selalu menolongku. Betapapun bodohnya, akhirnya nilai A berhasil nangkring di transkrip nilai yang udah kebanyakan huruf C. Bayangpun, temen2 udah galau tingkat kronis kalo dapet 1 nilai C. Saya? Hampir 30 nilai C nangkring di transkrip nilai, biasa aja tuh.. *kebanggedan!!

*gyaaa kemana2 kan jadinya..
Balik lagi ke conference ya.. Jadi setelah melewati proses pembukaan yang panjang x lebar, kami disuguhi materi tentang SOA, Semantic Web Service, Workflow, dkk. Pokoknya ilmu IT terkini deh yang diintegrasikan sama proses bisnis. Pembicaranya Prof. Drs. Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc.,Ph.D. dari ITS. Nyambung ga nyambung si.. baru kemaren dapet Semantic Web, ini udah ke Semantic Web Service aja.


Nah selesai materi ada pengumuman paper terbaik. WOW ternyata judul paperku disebutin. tarik nafaaaaas. Tangan udah bukan dingin lagi, sampe kesemutan. Maju, dikasih sertifikat, dikasih bingkisan, foto bareng penulis paper lain. Syukur padamu Ya Allah.. Kupikir dilirik aja ga, tapi ternyata bisa jadi salah satu paper terbaik. Lepas itu kami foto rame-rame bareng pembicara..

Sesi coffee break..
Biasa, ada kopi, teh, snacknya ada pastel lengkap sama cabenya, serabi, sama keripik tempe.

Sesi selanjutnya ada presentasi paper. Presentasi dibagi 2 sesi, sebelum dhuhur dan selepas dhuhur sampe jam 3. Ternyata cuma dikit pemakalahnya, cuma sekitar 15an orang. Di presentasi sesi ini sampe ada yang ngorok pemirsa! Bayangpun kita disuguhi slide hitam putih penuh tulisan, dengan presentator menghadap proyektor *kami hampir dipunggungi. It's a BIG NO di teori presentasi *hadeh..masih ada ya..

Tiba saatnya makan siang..*ini yg ditunggu2..
Pas nyampe di resto, nasi habis *derita gue.. Tapi ga apa, saya sudah sholat pemirsah! Sambil nunggu nasi dateng, ambil buah, ambil sop, *kuras. Jeng jeng.. nasi dateng.. Ambil nasi, ambil oseng kecambah tempe, ambil beef black pepper, ambil kerupuk, ambil tempat duduk *ambilin aja semuanye. Pas makan ada kejadian klontang klontang *biasa, kelaperan. cuek aje..

Alhamdulillah sesuatu..*kenyang maksudnya..
Tibalah di sesi 2, masih dengan sederet slide hitam putih penuh tulisan. Dan tibalah giliran sayah *udah nervous dari tadi bo.. tapi pas slide saya nampang, Jeng jeng! Satu-satunya slide yang penuh warna, ceria dan mudah difahami.
Presentasi selesai.. *plok plok plok
Saya hebat! *puji sendiri, daripada ga ada yang muji

Di sesi presentasi kita disuguhi form sejumlah presentator buat kita tandatangani. Selesai presentasi sesi 2, ada coffee break penutup acara. Kali ini dg menu teh, kopi, risol, klepon, sama telor gabus..

Kapan2 ikutan lagi ah..
Sayonara!!

*maap ya foto sertifikat sama bingkisannya blm dipindah, jd belom ikut nampang..





2 comments:

  1. Sal hebat!! Masih ingat detail menu setiap session. Joss...

    ReplyDelete
  2. langsung ditulis soalnya, maaf ya tulisannya agak kacau..

    ReplyDelete